Rabu, 11 Februari 2015

Lo Liat Aja Sendiri(Kau Jantung Hatiku(3))

“Hayalan Menjadi”
.Mahasiswa.
~~~**~~~
Bersama dengan sahabat setia, Zahfran. Gue cuma berdua yang masuk UIN, dari perwakilan SMA kita. Hal yang paling menarik, saat kita di OSPEC. Biasanya para senior selalu berlaku kasar sama junior-juniornya. Tapi entah kenapa ada satu senior yang gak bisa berlaku kasa sama gue. Dia cewek, berjilbab, dan pastinya lebih cantik dari mantan gue dulu. Namanya Sagita Putri, dipanggil Putri, orangnya cantik, putih, gak tinggi-tinggi amat, dan yang paling gak bisa gue lupain... matanya belo sama kayak Syafira, bedanya dia gak punya lesum pipit.
Waktu OSPEC berlangsung, pernah gue tatap matanya yang begitu indah, berbinar-binar cahaya... kalo kata Jambrut, ada pelangi dibola matamu. Dia natap gue lama, dan lama-kelamaan dia senyum sama gue, walaupun senyumnya gak lebar-lebar amat sih.
# Gue dan Zahfran sedang duduk ditaman depan kampus.
“Kenape lo...? suka sama tuh senior...?” tanya Zahfran.
“Cantik Fran. Matanya belo, sama kaya...” jawab gue.
“Syafira? ahh gila lo Dan, lupain lahh masa lalu lo...” lanjut Zahfran.
“Lagian siapa yang inget dia, gue juga udah bisa move on lagii. Dia cuma mirip matanya doang..” jawab gue.
“Yang belo banyak lagii, bukan cuma Syafira doang..” lanjut Zahfran.
“Iyee iyee paham...” jawab gue.
“Kalo lo suka, tembak aja...” lanjut Zahfran.
“Belom juga resmi jadi mahasiswa, udah mau pacaran aja. Sabar, tunggu waktu yang tepat..” jawab gue.
“Ada cewek inceran gue nih, cakep dan. Gak kaya mantan gue dulu..” kata Zahfran.
“Lo aja masih mikirin mantan lo??? kampret lo!..” jawab gue.
“Yeee.. gue bukan mikirin, tapi ngebandingin. Antara cewek cakep sama cewek jelek. Emangnya lo, yang nyama-nyamain sama mantan lo...” lanjut Zahfran.
            “Sialan lo...” lanjut gue.
            Hampir tiap malem gue kebayang-bayang Putri, dan gue emang belom bisa move on dari Syafira. Masih ada percikan sayang gue buat dia, gimana yaa kabarnya dia sekarang. Rasanya gue pengen ketemu dia. Gue juga kangen sama sahabat-sahabat gue, Alif, Zaki, Ridwan, mereka semua yang udah buat gue berubah jadi lebih baik.
            Gue sekarang ngekost bareng sama Zahfran. Mamah, Papah, sama Kakak pengen gue mandiri, mangkanya gue disuruh ngekost. Karena gue gak mau sendiri, gue ajaklah si Zahfran. Gue pas sama dia, kadang kalo kita lagi gak ada duit, gue ajak aja dia ngamen. Sama kaya masa dimana gue masih suram. Tapi yang ini beda, ini ngamennya lebih rapih dari gue yang sebelumnya. Lumayanlah duitnya bisa buat beli mie rebus.
            Dihari akhir kita OSPEC, gue mau ngirimin surat buat Putri, surat kaleng aja gak usah pake nama. Gue bikin surat kaleng, karena gue mulai ada rasa sama Putri, dia cantik, baik, tapi pendiem. Begitu juga dengan Zahfran, dia suka sama cewek yang seangkatan, gak kayak gue, sukanya sama senior. Namanya Riri, cantik sihh, masih lebih cantik dikit lah dari mantannya si Dinda.
~~~**~~~
            Udah setahun lamanya gue belajar disini, dan gue masih memendam perasaan gue ke Putri. Gue masih malu buat ngungkapinnya, beda sama si Zahfran, dia udah ngedahuluin gue. Jadi dia nembak Riri waktu di bulan ke 3 kita belajar di UIN. Kaya gini nih perkenalannya...
# Waktu itu Riri lagi jalan sambil bawa buku, si Zahfran pura-pura jalan dan.....
“Aduhhh...”
~~~*ketebrakk dehh*~~~
“Ehh maaf, gue gak sengaja nabrak lo..” kata Riri.
            Padahal mah yang nabrak si Zahfran, emang akal-akalan dia aja. Dasar playboy cap teri, yang punya berbagai macam cara. Sok pahlawan gitu, beresin bukunya yang berantakan.
“Maaf yaa gara-gara gue, lo ketabrak...” kata Riri.
“Ehh engga. Ini gue yang salah kok, maaf banget yahh...” kata Zahfran.
Terdiam sejenak, sambil saling memandang satu sama lain, getaran-getaran cinta mulai saling beradu. Yang membuat cinta mereka semakin bersatu, seperti kerasnya batu.
# Saling memandangi satu sama lain.
“Lo gapapa kan...?” tanya Zahfran memutus pandangannya.
“Iyahh, gapapa kok. Cuma sakit sedikit...” jawab Riri sambil ngeliatin telapak kakinya.
“Mana coba gue liat... Gue urut yahh..” kata Zahfran sambil mengurut kecil.
“Udah kok, udah gapapa. Maaf yahh..” jawab Riri.
“Nihh buku lo... Riri Rosita. Ohh itu nama lo ..?” kata Zahfran sambil ngasih buku dan membaca namanya.
“Iyaah, biasa dipanggil Riri. Kalo lo..?” tanya Riri.
“Gue Zahfran..” jawab Zahfran sambil ngejulurin tangannya.
            Semenjak dihari perkenalan itu, mereka semakin deket. Setelah 14 hari kenal akhirnya meraka pacaran, Zahfran nembaknya bisa banget lagi, di taman. Untungnya bukan di bioskop lagi yaah.
            Setelah itu setiap malem minggu mereka sering banget jalan, gak kaya gue gini, dirumah mulu. Kapan gue ngerasain kaya mereka. Gue pengen, tapi gue malu ngungkapinnya ke Dia. Gimana yaa cara gue nembak dia?? gue tahan dulu aja perasaan ini.
            Hidup gue begitu galau, pacar belom punya, dosen galak banget, kantong lagi kere, kasian banget yaa gue. Tapi gapapa, inilah yang harus gue hadapin jadi mahasiswa. Gue bukan lagi SMA yang ngerengek sama orang tua. Sekarang gue ngerengek? diketawain gue.
~~~**~~~
            Waktu itu hari Rabu, masih inget banget gue. Ada telpon dari orang jauh, dan ternyata yang telpon Syafira.
# Ngangkat telepon yang berbunyi.
            “Hallo...?” sapa gue.
“Sipit...? ini gue... masih inget?” tanya suara dari telpon.
“Siapa?” tanya gue.
“Ikhhh, gue bello.. lo gak inget sama gue?” jawab Bello.
“Oh, bello...” kata gue singkat.
“Kok lo gitu banget sih jawabnya..? lo masih marah sama gue...?” tanya Bello.
“Gak, biasa aja.. ada perlu apa telpon gue..?” jawab gue datar.
“Gue kangen sama lo pit...” jelas Bello.
“Oh..” jawab gue singkat.
“Lo kenapa sih pit?? Masih marah sama gue?? gue minta maaf pit, udah dong jangan kaya gini...” kata Bello dengan suara tangisan.
“Buat apa gue marah? Gue bukan siapa-siapa lo kan..?” jawab gue.
“Iyaah, lo emang bukan siapa-siapa gue!” kata Bello sambil menutup telponnya.
            Sebenernya gue masih ada serpihan sayang buat lo Ra, tapi lo gak harus tau. Gue juga bakalan hapus serpihan ini, tapi gak bisa ngelupain lo.  Gue nunggu lo disini, tapi bukan untuk tinggal lagi di rumah lo, gue mau lo jadi obatnya. Sahabat, mungkin itu lebih baik daripada pacar.
            Udah setahun gue belajar disini, gue punya teman baru yang asik juga. Ilyas, Viko, Aldi. Dari namanya aja udah ketauan kalo mereka orang kaya. Nambah 1 orang cewek, namanya Rani.
Ilyas adalah seorang yang punya mimpi yang besar. Dia pengen seperti bokapnya seorang pembisnis besar. Orangnya pendiem, gak banyak bertingkah, yakin dengan agaman yang dianutnya. Viko dia ini lebih mirip sama seperti Alif, orangnya jail, becicilan, paling seneng yang namanya ngeritik, tapi tetep asik. Aldi, sifatnya hampir mirip sama seperti Zaki, orangnya ganteng, lebih dewasa, dia yang paling ngerti keadaan orang, banyak cewek yang suka sama dia, maklumlah orang ganteng.
Kita semua sering nongkrong di warkop depan kampus, yang sering makan mie rebus. Ohh iyaa, gue lupa nyeritain si Rani, dia itu jomblowati yang sedang mencari cinta yang tak kunjung ketemu. Cantik, tapi gak tau kenapa dia belom punya pacar, katanya sih dia pernah pacaran, tapi disakitin sama cowoknya. Nahh itu sebabnya dia sedang mencari yang pas dengan dia.
Pernah dibenak gue kepikiran sahabat-sahabat gue yang lagi belajar di luar negeri. Kangen rasanya gue sama mereka, udah setahun ini gak ngasih kabar. Tapi...yaudahlah, setelah 4 tahun juga kembali lagi kesini... gue sama Zahfran nunggu lo semua balik lagi kesini.. lo juga Ra.
~~~**~~~
            Waktu itu karena gue kangen sama keluarga, gue mutusin buat pulang ke rumah. Rumah adalah kebahagiaan gue, tempat gue berteduh, membutuhkan kasih sayang, pokoknya gue kangen banget sama rumah gue. Tapi semenjak kepergian gue, gue gak tau apa yang terjadi sama keluarga gue di rumah, Mamah gue yang pubertas ke 2 makin kacau sifatnya. Dia lebih sering main FB, gak kebayang banget, sedangkan adek gue yang masih umur 4 tahun, sering banget ngeliat orang tua gue bertengkar. Gue gak tau apa yang sebenernya terjadi sama keluarga gue, yang dulunya nyaman, tenang, tentram, sekarang?? Udah kaya perahu yang mirng diterjang ombak yang besar.
            Kak Rizka dan Kak Bella juga bingung, gimana caranya buat nyatuin mereka. Kak Rizka tau apa permasalahannya, gue tanya akhirnya sama dia. Siapa sebenernya yang menjadi penyebab masalah di keluarga gue ini. Gue cuma gak mau keluarga gue kaya gini, gue pengen kaya dulu lagi.
~~~*Ruang Belajar kak Rizka*~~~
“Kak... gue mau ngomong...” kata gue.
“Apaa..?” jawab Kak Rizka.
“Apa yang sebenernya terjadi sama keluarga ini..?” tanya gue.
Kak Rizka diam sejenak sambil memikirkan sesuatu. Dia memulai bicara dengan menarik nafas.
“Masalah yang sepele bisa jadi rumit, kakak gak tau kenapa gak bisa terselesaikan dengan baik-baik. Kakak bingung, apa yang terjadi sama Mamah.” Jawab Kak Rizka.
“Mamah kenapa..?” tanya gue lagi.
“Semua gara-gara Benalu yang udah ngerusak kebahagiaan pohon yang hidup sejak lama, pohon itu menjadi tak sesegar dan tak sesejuk dulu lagi.” Jawab Kak Rizka.
Gue mulai agak marah, dengan yang diucapkan sama Kak Rizka.
 “Siapa orangnya..?” tanya gue.
“Mantan Mamah dulu waktu SMA...” jawab Kak Rizka sambil menghela nafas.
“Hah..? mantan Mamah? Kok bisa???” kata gue kaget.
“Semua gara-gara perkembangan zaman Dan... semenjak Mamah ngerti yang namanya FB dan Twitter, Mamah penasaran pengen nyari-nyari temen SMA nya dulu, katanya... akhirnya dia dapet beberapa temen SMA nya dulu, Mamah seneng banget rupanya... Kakak penasaran, akhirnya pas Mamah lagi dikamar mandi, Kakak buka-buka Fbnya, dan isinya dari mantannya Mamah yang mulai gombal-gombalin Mamah...” jawab Kak Rizka.
“Terus Papah..?” tanya gue.
“Papah tau pas Mamah lagi tidur, Papah bingung dari perubahan Mamah yang sekarang. Lebih sering main hp, Lukman jarang diurusin, mangkanya kita nyewa pembantu, gara-gara Mamah yang kaya gitu. sempet ditanya sama Papah, kenapah sekarang Mamah sibuk sendiri sama hp nya. Apa jawaban Mamah? Katanya lagi ada urusan sama teman SMA. Akhirnya Papah penasaran, pas tidur hpnya Mamah diperiksa sama Papah, dan.... begitulah yang terjadi, udah tau Mamah salah, tapi gak mau ngakuin kesalahannya... Kakak bingung Dan, gimana ngatasin mereka..” jelas Kak Rizka.
“Biar gue yang ngmong Kak..!” jawab gue tegas.
“Ehh tunggu..!” kata Kakak.
            Walaupun kakak gue manggil, gue tetep mau ngomong sama Mamah. Gak bisa gini terus, kalo gak diomongin kapan selesainya... suatu masalah pasti ada, tapi gak gini dong caranya, kan bisa diselesaikan. Gue cuma pengen pohon yang selama ini hidup bertahun-tahun gak gampang tumbang hanya karena hembusan angin. Gue hanya ingin pohon itu tetap tumbuh dan selalu menebarkan oksigen sampai pohon itu benar-benar tua dan mati.
~~~*ruang tamu*~~~
            Waktu itu Mamah lagi diruang tamu sambil main hp kesayangannya dan senyum-senyum sendiri. Langsung aja gue samperin.
“Mah.. lagi ngapain...?” tanya gue.
“Main FB..” jawab Mamah.
Gue nanya aja, matanya gak natap ke gue tapi ke layar hp... emangnya gue ada di dalem hp apa...
“Mah... Ziddan mau ngomong...” kata gue.
“Yaudah ngomong ajah...” kata Mamah sambil tetatp natapin layar hp.
“Mah, taro dulu hp nya...! Ziddan mau ngomong serius...” jelas gue.
Barulah Mamah natap mata gue, tapi dengan tatapan sinis. Gue kaya dianggap bukan anaknya, gak tau setan apa yang ada di hati Mamah.
“Yaudah, ayo ngomong...” kata Mamah sambil meletakan hp.
“Mah, pohon yang dipelihara selama ini kenapa? Kok gak nyebarin oksigen lagi?? Padahal aku kangen banget sama kesejukan pohon itu. Biasanya aku sering neduh di situ, adem banget rasanya... buat aku jadi nyaman, tapi kok sekarang beda yaa Mah... Mamah udah gak ngerawat pohonnya? Masa daunnya jatuh satu persatu, gara-gara benalu kali Mah... kenapa gak di potong benalunya sih Mah??? Terlalu sayang untuk dibuang??? Sayang sama pohon yang selama ini Mamah rawat, atau sayang dengan benalunya??? Inget Mah, pohonnya udah tua, bentar lagi mau mati...” jelas gue.
            (Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar